Cara Membuat Struktur Surat Lamaran Beserta Contoh

Dalam artikel ini, kami mengupas:

  • Apa itu surat lamaran
  • Cara membuat struktur surat lamaran
  • Contoh-contoh surat lamaran
  • Tips untuk format surat lamaran

Saat menulis surat lamaran, ada standar dan struktur atau garis besar yang perlu diikuti. Mirip dengan CV yang baik, sebuah surat lamaran harus disesuaikan dengan pekerjaan spesifik yang dilamarnya. Utamanya, surat lamaran berfungsi sebagai perkenalan untuk perekrut atau manajer perekrutan. Namun, meskipun CV sedikit lebih strategis, surat lamaran jauh lebih personal, ini merupakan peluang Anda untuk menguraikan pencapaian utama, keterampilan, atau pengalaman-pengalaman dari CV Anda.

Bagi banyak orang, surat lamaran merupakan bagian melamar kerja yang paling sulit yang membuat sebagian orang melewatkan lowongan tertentu jika mewajibkan surat lamaran. Kami di sini untuk mengubah hal tersebut dengan memberikan alat, sumber daya, dan pengetahuan yang Anda perlukan untuk menulis surat lamaran yang sukses. Pada akhirnya, surat lamaran yang strukturnya dibuat dengan baik menampilkan kualifikasi dan minat Anda untuk posisi pekerjaan tertentu. Jika Anda kesulitan membuat struktur surat lamaran Anda, ayo kita mulai!

Ingin membuat surat lamaran profesional?

Bagaimana seharusnya struktur surat lamaran yang baik?

Struktur surat lamaran yang baik sifatnya ringkas dan terfokus, menekankan alasan utama mengapa Anda merupakan kandidat yang tepat untuk posisi ini.

  • Uraikan setiap segmen: pendahuluan, paragraf isi, dan kesimpulan.
  • Perjelas peran setiap segmen: bagian pendahuluan menarik perhatian, bagian isi menguraikan kualifikasi, dan bagian kesimpulan merangkum serta mengekspresikan antusiasme.

Bagaimana cara menyusun surat lamaran saya?

Usahakan untuk menjaga surat lamaran tetap ringkas dan padat isi. Identifikasikan dan soroti dua atau tiga bidang keahlian utama, dengan menyimpan detail tambahan untuk potensi wawancara lanjutan.

Tata letak surat lamaran yang ideal umumnya terdiri dari:

  • Informasi kontak
  • Sapaan
  • Paragraf pembuka
  • Paragraf isi
  • Paragraf penutup
  • Penutup

1. Struktur pendahuluan surat lamaran

Setelah Anda memverifikasi semua detail untuk memastikan keakuratannya, Anda dapat mulai menulis surat lamaran! Bagian pembuka, yang harus tetap konsisten di semua surat lamaran, berfungsi sebagai pendahuluan. Idealnya, bagian ini hanya berfokus untuk menegaskan antusiasme Anda terhadap peran tersebut, menyebutkan status atau kondisi profesional Anda saat ini, dan menguraikan tujuan karier, minat, serta motivasi Anda untuk mengejar posisi tersebut.

Contoh:

Saya menulis untuk mengungkapkan keinginan saya mengisi posisi Resepsionis di Essential Spa. Dengan hasrat untuk memberikan layanan pelanggan yang luar biasa dan menciptakan suasana yang ramah, saya ingin menyumbangkan keterampilan saya untuk meningkatkan pengalaman tamu di spa Anda.

2. Struktur isi surat lamaran

Dalam format surat apa pun, struktur umumnya terdiri dari satu atau dua paragraf. Isi surat lamaran terfokus pada keahlian utama, pengalaman khusus, dan prestasi yang pantas disebutkan dari peran, pelatihan, atau kualifikasi sebelumnya.

Banyaknya informasi yang Anda berikan tergantung pada apakah Anda mahasiswa, lulusan baru, atau profesional berpengalaman. Bagi mereka yang tanpa pengalaman atau pengalamannya terbatas, disarankan untuk menggarisbawahi keahlian, sedangkan yang memiliki pengalaman signifikan wajib menyoroti pencapaian utamanya untuk menampilkan kemampuan mereka.

Contoh:

Selama perjalanan akademis saya, saya memperoleh pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip dasar teknik sipil, termasuk analisis struktur, rekayasa transportasi, dan keberlanjutan lingkungan. Saya menyelesaikan program magang di Wijaya Karya, tempat saya mendapat kesempatan untuk menerapkan pengetahuan di proyek-proyek dunia nyata dan berkolaborasi dengan tim multidisiplin.

Saya sangat terkesan dengan komitmen Wijaya Karya terhadap inovasi dan keberlanjutan dalam proyek-proyek teknik sipil. Saya ingin belajar dan tumbuh sebagai seorang profesional di perusahaan Bapak/Ibu, juga menyumbangkan perspektif baru dan etika kerja yang kuat bagi tim.

Bagi mereka yang menjalani perubahan karier atau mungkin dikategorikan sebagai orang yang sering berganti pekerjaan, surat lamaran berfungsi sebagai sarana untuk mengatasi kesenjangan atau masalah apa pun di CV mereka, bila berlaku.

3. Struktur bagian penutup surat lamaran

Mirip dengan pendahuluan, bagian ini juga dapat distandarkan untuk merampingkan proses penulisan surat lamaran. Di sini, poin-poin utama perlu dirangkum, dengan menegaskan kembali antusiasme Anda untuk posisi yang dilamar. Selain itu, mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan tersebut dan mengundang diskusi lebih lanjut sambil menyebutkan nama perusahaan dengan hormat sangatlah penting.

Saya terkesan dengan komitmen JC Construction terhadap inovasi serta dedikasinya untuk menciptakan budaya tempat kerja yang positif. Saya yakin bahwa keahlian saya dalam administrasi SDM, ditambah dengan pola pikir strategis saya, membuat saya sangat cocok untuk berkontribusi pada pertumbuhan dan keberhasilan departemen SDM perusahaan. Terima kasih telah mempertimbangkan lamaran saya; saya berharap dapat mendiskusikan pengalaman saya yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. CV saya terlampir sebagai bahan referensi Bapak/Ibu.

Salam hangat,

Syaqila Wahidah

Contoh surat lamaran:

Saat mempertimbangkan panjang surat lamaran, tidak ada aturan yang berlaku untuk semua orang, tetapi prinsip utamanya adalah menyesuaikannya dengan pekerjaan spesifik yang Anda lamar sambil menyelaraskannya dengan CV Anda. Panjang surat lamaran yang optimal adalah antara setengah hingga satu halaman penuh, yang terdiri dari tiga hingga empat paragraf. Surat lamaran harus ringkas namun jelas menjelaskan mengapa Anda sesuai untuk posisi yang dilamar.

Contoh surat lamaran mahasiswa

HSBC

Unduh surat lamaran mahasiswa ini dalam PDF

Untuk tips lainnya, rujuk ke CV mahas

Contoh surat lamaran akunting

Antara

Unduh surat lamaran akunting ini dalam PDF

Contoh surat lamaran perawat pendukung

BetterCare

Unduh contoh surat lamaran perawat pendukung ini dalam PDF

Tips untuk memformat surat lamaran

Untuk menulis surat lamaran yang terstruktur dengan baik, tips format berikut dapat membantu mencapai tujuan tersebut.

  • Usahakan untuk membuat surat lamaran satu halaman, utamakan kualitas daripada kuantitas.
  • Pilih fon profesional dan patuhi panduan format standar.
  • Tuliskan surat lamaran kepada individu tertentu, jika memungkinkan.
  • Koreksi dengan cermat untuk menyingkirkan kesalahan tata bahasa atau ejaan.
  • Tingkatkan kejelasan dan keterbacaan dengan memasukkan poin-poin atau subjudul.
  • Sesuaikan konten agar sesuai dengan persyaratan pekerjaan tertentu.

Kesimpulan

Pada akhirnya, menulis surat lamaran yang baik tergantung pada tata letak yang terstruktur dengan baik yang dapat meningkatkan keterbacaan. Seiring dengan semakin populernya surat lamaran yang dibuat oleh AI, perekrut atau manajer perekrutan dapat semakin jeli mendeteksi tulisan nonmanusia. Namun, dengan menggunakan saran ahli kami dan memanfaatkan berbagai contoh serta templat surat lamaran, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak wawancara kerja secara signifikan!

Langkah selanjutnya?

Jelajahi produk-produk dan layanan kami di bawah ini untuk membantu Anda memulai!

  • Pembuat CV: buat CV atau surat lamaran yang disesuaikan dan diformat dengan baik menggunakan pembuat CV kami yang mudah.
  • Pembuat Surat Lamaran: lamar pekerjaan dengan templat surat lamaran yang sesuai menggunakan tata letak yang jelas sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan tujuan karier Anda.
  • Layanan Penulisan CV: jalin koneksi dengan salah satu pakar kami untuk mendapatkan umpan balik dan saran profesional cepat tentang cara menyesuaikan CV Anda dengan pekerjaan tertentu.
  • Blog: lihat panduan kami serta artikel-artikel singkat untuk mengedukasi diri tentang strategi terbaik meningkatkan prospek kerja Anda.

Buat CV profesional Anda sekarang

Pertanyaan Umum

Bagaimana format resmi sebuah surat lamaran?

Format resmi surat lamaran umumnya mencantumkan:

  • Informasi kontak
  • Informasi kontak penerima
  • Sapaan formal
  • Bagian-bagian yang jelas didefinisikan: pendahuluan, paragraf isi, dan penutup
  • Penutup profesional dan tanda tangan Anda.

Lebih dari 112.872 pengguna sudah membuat CV mereka

Dengan pembuat CV, Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat CV yang profesional dan unik dalam 15 menit.

Buat CV Anda

Peluang Anda mendapat pekerjaan akan meningkat 65%